Bosan

Bosan.

Kenapa bosan? Kok bisa bosan? Harus gimana?

Bosan membuat suasana jadi tidak asyik, hambar. Kita sering merasa bosan dalam berbagai hal, biasanya dipicu oleh pengulangan terus menerus. Mau makan enak, mie instan, dua hari makan mie juga bosan. Ada lagu baru kemudian suka, ketika di putar terus-terusan lama-lama juga bosan. Hal-hal yang berulang kali kita lakukan akan menggiring kita menuju rasa bosan(kecuali tidur, tidur selalu terasa nikmat).

Agar tidak bosan, kita butuh hal-hal yang baru, hal yang tidak biasa kita lakukan, bahkan yang asing bagi kita. Hal baru akan memberikan suatu kesan bahwa kita telah melakukan sesuatu yang tidak biasa kita lakukan, dan mungkin saja akan terkenang. Seperti saya sekarang, dalam keadaan bosan, kemudian memutuskan untuk asal menulis. Rasa bosan perlahan hilang. Lha kok? Karena saya nggak bisa nulis. Walaupun nggak bisa nulis tapi ini jadi momen yang asyik untuk saya, karena saya melakukan suatu kegiatan yang asing bagi saya, berusaha merangkai kata-kata yang pas sampai harus menekan tombol backspace bekali-kali, kelamaan mikir kata yang cocok sampai bolak-balik garuk kepala, sampai saya sadar ternyata bahasa yang saya tulis makin kesini makin berubah, amburadul. Tapi saya menikmati itu semua. Karena dengan ini saya bisa produktif, hitung-hitung belajar nulis juga, siapa tahu besok jadi penulis yang bukunya memotivasi banyak orang(Aamiin).

Untuk teman-teman di mana pun kalian berada, bosan kalau tidak diatasi bisa merugikan kalian. Ketika kalian bosan kuliah, malas berangkat, bisa-bisa nilai kalian turun. Yang punya pasangan dan lagi bosan, bisa-bisa berantem nggak jelas. Yang lagi bosan di rumah atau di kosan, kalau nggak diatasi akan menyia-nyiakan waktu kalian yang sangat berguna. Kuliah harus dinikmati, saat bosan kuliah, ingat kembali alasan serta tujuan kalian kuliah. Punya pasangan dan lagi bosan? Maaf kalau ini saya kurang tahu(hahahaha). Buat kalian yang bosan, ayo cari hal baru, lakukan sesuatu yang bisa jadi bermanfaat untuk orang lain. Dalam bentuk apapun, entah tulisan, lagu, gambar, terserah! Nggak usah takut buat berkarya.

Seperti kata om Pandji Pragiwaksono, nggak perlu takut karya kita jelek, karena karya pertama memang pasti jelek. Yang penting adalah kita berkembang dengan kita terus menciptakan karya-karya kita yang baru.

See you soon.

Tinggalkan Balasan

