Sehat & Sakit

Sehat dan Sakit, merupakan dua kondisi yang berbeda. Yang mana ketika kita sehat, aktivitas hidup kita dapat dilakukan dengan baik, memaksimalkan segala potensi diri yang ada dan melakukan berbagai kegiatan positif. Sementara saat sakit, walaupun memang tidak enak, dapat menjadi waktu yang tepat untuk menyadari apa yang masih kurang dalam diri kita.

Saudaraku,

jika kalian membaca blog ini dalam keadaan sehat, Alhamdulillah. Bersyukurlah.

Dan kalau kalian sedang sakit saat baca blog ini, saya doakan semoga segera sembuh, dan bisa beraktivitas layaknya orang-orang sehat. Aamiin.

Saudaraku, bersyukurlah apabila kita dikaruniai kesehatan. Sehat merupakan karunia yang sangat berharga untuk kita. Sehat menjadi kunci utama agar segala aktivitas kita dapat berjalan lancar. Mulai dari ibadah, pekerjaan, kuliah, dapat kita laksanakan dengan baik apabila kita dalam keadaan sehat. Tanpa kondisi yang sehat, aktivitas kita tidak dapat dilakukan dengan sempurna. Orang-orang yang sakit pasti sangat ingin agar mereka segera sehat kembali, menjalani rutinitas mereka yang sempat mereka tinggalkan saat sakit. Namun masalahnya, orang-orang yang sehat sering kali lupa dengan nikmat sehat yang mereka rasakan(termasuk saya). Saat sedang sehat, kita tidak mau memanfaatkan diri kita untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat, sering kali membuang waktu kita hanya untuk berbaring di kasur, tidur, melakukan hal yang tidak produktif. Dan lebih anehnya lagi(termasuk saya juga), nanti kalau sakit kita akan mengeluh, nggak enak sakit, pengen segera sehat. Padahal waktu sehat kita hanya menyia-nyiakan waktu kita. Ketika kita tidak mensyukuri nikmat sehat yang kita miliki, kita tidak bisa merasakan dan memetik manfaatnya. Kita cenderung menganggap sehat sebagai hal yang biasa. Padahal di luar sana banyak orang yang mati-matian berusaha, berharap, berdoa agar mereka dapat merasakan nikmatnya hidup sehat. Orang yang sehat memang banyak, tapi pun banyak juga mereka yang sakit.

Namun di sisi lain, bukan berarti sakit tidak memiliki manfaat apa-apa. Sebenarnya pada waktu sakit, merupakan waktu yang tepat bagi kita untuk merenung, mengingat kembali bagaimana kita menjalani hidup ketika sehat, karena saat sakit kita lebih banyak beristirahat dan lepas dari aktivitas. Untuk itu, pada waktu sakit lebih baik kita merenungkan diri kita, menyadari kesalahan dan kelalaian yang kita perbuat saat kemarin masih sehat, dan memperbaikinya saat besok sudah sehat. Walaupun sakit itu tidak enak, faktanya tak jarang sakit yang kita rasakan datang dari diri kita sendiri. Apakah merupakan tindakan yang benar kalau kita mengeluhkan sakit yang kita alami, padahal merupakan akibat dari perbuatan kita sendiri? Semua itu berawal dari diri kita yang enggan untuk bersyukur, lupa dengan nikmat sehat yang kita rasakan. Kalau kita sudah bisa bersyukur, kita akan menghargai karunia sehat dan merasakan betapa nikmatnya menjalani hidup dengan sehat. Sehingga pada akhirnya kita dapat memanfaatkan diri kita untuk melakukan berbagai aktivitas yang lebih bermanfaat, baik untuk diri sendiri, lebih baik lagi untuk orang lain.

Semoga kita semua termasuk orang yang bisa menghargai dan mensyukuri nikmat sehat yang kita miliki.

Dan untuk kalian yang sakit, berbahagialah karena Allah sedang menghapus dosa kalian, terus berfikir positif untuk sembuh walau seberat apapun sakit yang kalian rasakan, karena sesungguhnya Rahmat Allah mendahului Murka-Nya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s