Blog

Kami Dengar dan Kami Taat

Allah ta’ala berfirman yang artinya, “Sesungguhnya ucapan orang-orang yang beriman apabila diajak untuk kembali kepada Allah dan Rasul-Nya agar Rasul itu memberikan keputusan hukum di antara mereka hanyalah dengan mengatakan, “Kami mendengar dan kami taat”. Dan hanya merekalah orang-orang yang berbahagia.” (QS. An Nuur [24]: 51) Haaaahhh... (menghela nafas panjang) Sudah lama sejak terakhir saya menulis. (haha … Lanjutkan membaca Kami Dengar dan Kami Taat

Iklan

Berpikir Lebih Jauh

"Ah, pulang kuliah main game dulu". Itulah pikiran yang terbesit saat saya tiba di kos, atau saat berjalan pulang dari kampus. Dan benar saja, setiba di kamar kos saya bermain game di laptop. Saat sedang asyik bermain game, secara mendadak saya berpikir "buat apa sih ngegame? Nggak bermanfaat". Mungkin pikiran itu tidak 100% benar, namun … Lanjutkan membaca Berpikir Lebih Jauh

Muhasabah (Evaluasi Diri)

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh. Alhamdulillah, segala puja dan puji syukur kita kepada Allah atas nikmat Islam, Iman, dan segala nikmat yang kita rasakan dalam hidup ini. Teman-temanku semua, pada kesempatan kali ini saya ingin bercerita cukup banyak, yang mana permasalahan yang saya rasakan saat ini benar-benar membuat hati tidak tenang. Saya ingin mengingatkan tentang pentingnya muhasabah, … Lanjutkan membaca Muhasabah (Evaluasi Diri)

Penghapus Kebaikan

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Sudah lama sejak terakhir saya menulis di blog ini, bagaimana kabar teman-teman semua? Semoga semua senantiasa diberikan nikmat Islam, Iman, serta kesehatan oleh Allah. Semoga kita mampu untuk terus mensyukuri nikmat yang Allah berikan kepada kita semua dengan beribadah kepada-Nya. Semoga menjelang akhir Ramadhan ini, semakin tekun diri kita dalam beribadah, sehingga … Lanjutkan membaca Penghapus Kebaikan

Menyesal di Awal

Padahal, menyesal selalu di akhir. Kita menyesal setelah berbuat kesalahan, menyesal setelah mengecewakan orang lain, menyesal setelah kehilangan, dan menyesal yang lainnya. Bagaimana caranya menyesal di awal? Lalu, apa maksud judul ini? Maksudnya supaya pada penasaran dan pada baca, hehe.. Kalau diartikan secara langsung memang nggak mungkin untuk menyesal di awal, menyesal sebelum berbuat sesuatu. Kita belum … Lanjutkan membaca Menyesal di Awal

Menetap Pada Yang Baik

Sudah berbuat baik apa kamu hari ini? Belum ada? Assalamualaikum warahmatullaahi wabarakaatuh. Jawab salam ini, maka kamu sudah berbuat suatu kebaikan. Mendoakan saya, hehe. Terima kasih saudaraku.. Bismillahirrahmanirrahim. Menetap pada yang baik. Belakangan ini hal ini sangat membekas di hati saya. Maksudnya apa, sih? Yang saya maksud adalah teguh pada kebaikan-kebaikan yang kita lakukan, tidak putus, … Lanjutkan membaca Menetap Pada Yang Baik

Sehat & Sakit

Sehat dan Sakit, merupakan dua kondisi yang berbeda. Yang mana ketika kita sehat, aktivitas hidup kita dapat dilakukan dengan baik, memaksimalkan segala potensi diri yang ada dan melakukan berbagai kegiatan positif. Sementara saat sakit, walaupun memang tidak enak, dapat menjadi waktu yang tepat untuk menyadari apa yang masih kurang dalam diri kita. Saudaraku, jika kalian … Lanjutkan membaca Sehat & Sakit

Meninggalkan Tempat yang Nyaman (Merantau)

Menurut wikipedia, merantau adalah perginya seseorang dari tempat asal dimana ia tumbuh besar ke wilayah lain untuk menjalani kehidupan atau mencari pengalaman. Terus? Saya adalah salah satu dari sekian banyak orang di Indonesia yang merantau. Tujuan saya merantau tidak lain adalah untuk menempuh pendidikan, tepatnya di Ibu Kota. Dulu waktu masih SMA, membayangkan merantau itu … Lanjutkan membaca Meninggalkan Tempat yang Nyaman (Merantau)

Bosan

Bosan. Kenapa bosan? Kok bisa bosan? Harus gimana? Bosan membuat suasana jadi tidak asyik, hambar. Kita sering merasa bosan dalam berbagai hal, biasanya dipicu oleh pengulangan terus menerus. Mau makan enak, mie instan, dua hari makan mie juga bosan. Ada lagu baru kemudian suka, ketika di putar terus-terusan lama-lama juga bosan. Hal-hal yang berulang kali kita … Lanjutkan membaca Bosan